Minggu, 18 Maret 2012

Survey Menelusuri Track Cibereum Telajung Cibening Nawit

Dear Guys..!
Setelah sebelumnya Team Rombongan Petualang Gak Jelas (a.k.a ROGAZ) nge-Road ke Gunung Pancar, kami berencana untuk menuju ke Petualangan (gak jelas) berikutnya. Tempat yang akan kami tuju yaitu CAT kependekan dari Cibening Adventure Track, dan kalo masih kuat akan di teruskan ke "Nawit" di mana di sana ada sebuah jembatan bambu tradisional yang legendaris.

Belajar dari pengalaman sebelumnya yang sempet nyasar dan menjadi real-adventure of non-confirmity, akhirnya kami memutuskan untuk survey area terlebih dahulu. Untuk tugas survey diserahkan kepada anggota dengan lokasi terdekat dari track yang akan dituju, yaitu 'saya' sendiri.

Oke, sekarang akan saya mulai petualangan saya...!
Perjalanan bermula dari rumah saya yang berlokasi di Kp. Setu Ds. Telajung Kec. Cikarang Barat, berangkat bermodalkan ongkos yang ngepas dan sedikit sarapan saya pun berangkat..., akan tetapi tidak langsung ke tempat tujuan melainkan mampir dulu ke rumah teman dengan niat mengajak survey walaupun teman saya gak punya sepeda. Ternyata gayung bersambut, tiba-tiba teman saya memberikan IM (instant messaging) yang isinya menanyakan kepastian saya untuk melakukan survey ke Cibening dan ke Nawit, dan memang di pekan sebelumnya saya pernah mengajak teman saya untuk mencoba melakukan survey ke arah track yang kami tuju itu sambil menggodanya untuk ikut punya sepeda, walaupun ngredit...:)

Parkir Sepeda di halaman rumah teman

Berangkat dari rumah sekitar pukul 07.30 dan langsung gowes ke rumah teman,mampir,ngopi-ngopi, dan tepat pukul 08.00 am langsung berangkat,....But,....mohon maaf gak pake sepeda guys,..soalnya kan teman gak punya sepeda, jadilah kami berangkat dengan berboncengan menggunakan motor.

Track 1 : Telajung
Track pertama yang kami lewati adalah track Telajung, yang merupakan track terdekat, tetapi pemandangannya tak kalah menarik. Di balik padatnya perumahan-perumahan di Setu masih ada area persawahan hijau dan rimbun pepohonan dan tentu saja udara sejuk yang segar.

Track area telajung (sayang karena menggunakan kamera HP hasilnya jadi kurang memuaskan..guys).

Track ke-2: Cibening
Berikutnya kami coba mencari pangkalannya para goweser alias Base Camp CAT, menurut blog-blog goweser yang sudah kami lihat letaknya tak jauh dari Polsek Cibening...(rute lengkap dari petualangan kami ke trek cibening klik di mari)

Pangkalan para Goweser, kira 100m dari Polsek Cibening dan dibelakang masjid.

Sesampainya di pangkalan CAT di sana sudah banyak Goweser yang parkir di warung makan, entah baru mau mulai atau mau pulang. Sebenarnya mau ngobrol-ngobrol tapi karena waktu yang terbatas (takut keburu siang) dan lagi pula sudah ngajak teman yang memang pernah ke area Nawit jadi tetep PD aja berangkat. But,..sekali lagi sayangnya kita gak bisa menyusuri track sepeda karena kendaraan yang kami pakai gak kompatible, jadi kami mencoba menyusuri memlalui jalan pedesaan (track aspal).

Sempat beberapa kali nanya, karena teman saya rada-rada lupa kami terus dan yakin menelusuri track ke Nawit sambil sesekali melihat ke belakang siapa tau ada Goweser yang nyusul.
Gapura setengah jadi yang bisa jadi patokan ke arah nawit.

Salah satu pemdangan menuju track ke Nawit.
Nawit here we come..!

Setelah muter-muter dan terus bertanya (kalo temen saya lupa) akhirnya kami pun sampai. Ternyata tempatnya memang seperti yang di ceritakan banyak orang, udara segar, rimbun pohon, dan jembatan bambu pun ada tentunya.

Gaya donk..!

Kami memutuskan untuk beristirahat sebentar di Warung Nawit dan memesan dua gelas kopi sambil menunggu siapa tau ada goweser yang kesiangan lewat, karena sebelumnya kami bertanya ke penjaga warung katanya sudah ada beberapa Goweser yang lewat.

Dan benar beberapa saat pun Goweser lewat...wuss..wuss..wusss...!

Misi pak,...mangga....misi bang...kata para goweser.

Saya pun langsung jeprat-jepret untuk mengabadikan momen ini, buat bahan cerita di kantor besok...dan setelah rombongan pertama lewat ternyata beberapa menit kemudian lewat rombongan goweser yang lain.

Ati-ati bang..

Melihat semangat para goweser yang lewat, saya pun menjadi tambah tak sabar untuk dapat melalui track ini, terlebih saya masih penasaran track seperti apa yang ada di seberang jembatan yang dilalui oleh para goweser-goweser yang barusan lewat.

Akhirnya jalanan pun menjadi sepi dari para goweser , saya kembali menepi dan duduk-duduk untuk menghabiskan kopi yang sudah kami pesan tadi. Setelah ngobrol-ngobrol ngalor ngidul dengan teman seperjalanan saya, kami memutuskan untuk pulang.

Tambahan, sebelum kita memasuki Track Telajung sebelumnya ada track yang cukup menarik di daerah sekitar Tambun-Bekasi, yaitu track Cibereum. Track ini biasa dilalui oleh para Goweser sebelum memasuki track Lubang Buaya-Telajung.

Photo-photo di danau Cibereum (di ambil beberapa bulan lalu)

So,....guys,...udah di survey nih,...pekan depan tolong dipastiin ya,...kumpulin deh goweser-goweser yang banyak...! OK. (hpy)

Rute ke Cibening dari arah Bekasi :

Rute 1:
Dari arah bekasi melaju ke Tol Timur-masuk ke Perum Jati Mulya-Masuk ke Pengasinan/Jl.Kampung Jati-Masuk ke Perum Mutiara Gading-Keluar pintu Gerbang belok kiri ke arah Grand Wisata-Masuk terus sampai ke Danau Cibeureum-Ikuti Jalur jalan rumput ilalang-masuk ke Cijengkol/Jl.Sengon Raya-Tembus ke Jl. Jend. Suprapto/Bt. Gebang-Setu-melaju ke pertigaan/Tugu Duren (dep.koramil/Polsek Setu)-belok kiri jalan terus ke arah Pasar Setu-Ada pertigaan (setelah masjid Raya) belok kanan (Jl. KUD)-ikuti jalan aspal melewati perumahan GBP & Graha Asri (jangan masuk ke Perumahan!)-terus berliku s.d ke Polsek Cibening-Lokasi sekitar 100 m dari polsek dan posisi Pangkalan di sebelah Masjid yang ada di kanan jalan.